EnglishIndonesian

Luangkan Waktu untuk Karyawan, Usaha Bisa Sukses

Apakah Anda seorang pemilik usaha atau manajer kantor yang memiliki banyak karyawan? Sudahkah Anda menjadi pemilik usaha atau manajer yang baik bagi karyawan dan perusahaan? Kesuksesan sebuah usaha juga ditentukan oleh bagaimana relasi antara pemilik usaha atau manajer dengan karyawannya.

Apabila belum merasa baik, mari simak cara membuat usaha Anda sukses melalui 3 tips meluangkan waktu untuk karyawan, menurut buku “The One Minute Manager” karya Kenneth Blanchard, Ph.D., Spencer Johnson, M.D.

1. Meluangkan Waktu untuk Memahami Pekerjaan Karyawan
Meluangkan waktu menjelaskan kepada karyawan untuk memahami tujuan pekerjaan dan memastikan mereka mengerti apa yang akan diukur dan seperti apa kinerja yang bagus dalam perusahaan.

Misal: Sebagai seorang pemilik usaha atau manajer, sebaiknya meluangkan waktu sebanyak dua jam perminggu dalam bentuk rapat (meeting) untuk mendengarkan karyawannya, mengulas dan menganalisis pencapaian apa yang didapatkannya selama seminggu terakhir, masalah yang dihadapi, dan apa yang masih harus dicapai. Kemudian mengingkatkan kembali tujuan program kerja dan membangun rencana, serta strategi untuk minggu berikutnya. Keputusan yang di buat tersebut akan membuat ikatan antara pemilik usaha atau manajer dengan karyawannya menjadi lebih erat.

2. Meluangkan Waktu untuk Memberikan Apresiasi
Luangkan waktu Anda untuk memberikan apresiasi dengan tulus kepada karyawan yang telah berhasil melakukan pencapaian dalam pekerjaan.

Misal: Setiap melakukan evaluasi kerja, sebaiknya seorang pemilik usaha atau manajer memberikan apresiasi kepada karyawan yang telah bekerja dengan benar, sesuai target, dan melebihi target. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi kerja dan rasa dihargai sebagai karyawan. Apresiasi yang diberikan dapat berbentuk pujian seperti “bagus”, “hebat”, “keren”, dan “terima kasih”.

3. Meluangkan Waktu untuk Memberikan Teguran
Luangkan waktu Anda untuk memberikan teguran jika karyawan tidak melakukan pekerjaan dengan benar. Sebagai seorang pemimpin dalam organisasi ataupun manajer, Anda memiliki hak dalam memberikan teguran kepada karyawan yang melakukan kesalahan.

Teguran ini bermaksud untuk memberitahukan kepada karyawan, bahwa yang dilakukan adalah salah. Dalam memberikan teguran jangan lupa Anda memberikan nasihat yang dapat memotivasi karyawan.

Misal: karyawan Anda sibuk sendiri dengan media sosial atau games di smartphone pada saat rapat. Seorang pemilik usaha atau manajer berhak memberikan teguran, bahwa pada saat rapat tidak diperbolehkan untuk menggunakan smartphone di luar pokok bahasan rapat, karena dapat memecahkan konsentrasi.

Jadi, agar Anda memiliki gaya kepemimpinan yang baik bagi karyawan, sebaiknya menerapkan tiga tips berikut ini:

  1. Meluangkan Waktu untuk Memahami Pekerjaan Karyawan
  2. Meluangkan waktu untuk Memberikan Apresiasi
  3. Meluangkan Waktu untuk Memberikan Teguran

Sumber : https://www.daya.id/

Selamat Datang di website Bhumi Enin
Admin01
Admin
Admin02
Admin
Hubungi Kami